Bola Itu Bulat

 Kalo ada pelem judulnya Bola Itu Bundar, maka kita akan bahas hal yang sama “Bola Itu Bulat”. Nggak masalah mau bolanya berbentuk Bulat, Bundar, Lonjong, Kotak, Segitiga. Mau bolanya Kenyal, Keras dan Berbulu, yang terpenting adalah makna dibalik bola tersebut. Memang terus terang ajah belum ada bola berbentuk segitiga dan kotak, yang ada baru Lonjong, Bulet dan Kerucut Tumpul Terbuka.

Menurut Wikipedia, Bola adalah sebuah benda bundar yang dipakai sebagai alat olahraga. Seringkali bola terisi dengan angin atau udara. Ada bermacam-macam bola mulai dari bola yang dimainkan dalam olahraga maupun dalam permainan harian, diantaranya: Bola sepak, Bola voli, Bola basket, Bola kasti, Bola bekel. Tetapi bola juga dapat dinisbahkan kepada segala benda yang berbentuk bulat dengan fungsi yang sama sekali bukan untuk kepentingan olah raga, misalnya Bola dunia dan Bola mata. Melihat dari keperluannya yang banyak digunakan sebagai alat olahraga, ternyata bola juga tidak harus berbentuk Bulat, Olahraga Rugby misalnya, menggunakan bola yang lonjong, Bulutangkis menggunakan bola yang disebut Kok terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Kata Kok diadaptasi dari bahasa Inggris yaitu Cock yang berarti ayam jantan (sebelum menggunakan bulu angsa, Kok dibuat dari bulu ayam). Namun karena kata Cock juga memiliki arti konotasi yang negatif maka Kok disebut sebagai Shuttlecock, mengingat pergerakannya yang bolak-balik di dalam lapangan.

Jadi, sebuah bola tidak selalu bisa dikatakan bulat, harus jelas dulu untuk keperluan apa bola tersebut digunakan. Yang terpenting adalah mengapa Bola tersebut digunakan dalam banyak olahraga dan permainan. Ingat, Bola hanyalah perangkat, sebuah media pengantar untuk mencapai sesuatu. Dari bentuknya, bentuk bola lebih dinamis dan pergerakannya selalu berubah sesuai arahan atau tak terarah, sangat berbeda dengan yang berbentuk kerucut dan lonjong. Maka jika ada yang berkata Bola Itu Bulat sebenarnya bukan untuk membuktikan dan menjelaskan bahwa bola itu memang berbentuk Bulat tapi lebih kepada ada sifat “tak terduga” dari sesuatu yang di samakan dengan Bola.

One Response to Bola Itu Bulat

  1. KID says:

    Nice BLog
    Please Visit Me Back
    at http://www.adminkidnet.co.nr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: