Jihad Rokok

Jihad bisa dibilang sebagai suatu kegiatan untuk tujuan yang baik, dilakukan dengan cara yang baik dan dengan niat yang baik, bermaslahat untuk orang lain dan juga untuk diri sendiri. Jihad Untuk orang lain berarti berjuang untuk memberikan penjelasan mengenai kebenaran Illahi bukan memaksakan kebenaran yang diyakini. Sedangkan Jihad untuk diri sendiri memiliki porsi yang lebih besar dan sangat mungkin untuk kita terapkan, misalnya: Memaksakan diri untuk bangun dini hari untuk sholat subuh, meskipun masih lelah dan enggan beranjak dari kehangatan selimut, selimut hidup ataupun selimut matiūüėÄ

Jihad dalam Islam berarti berjuang dengan sungguh-sungguh. Jihad dilaksanakan untuk menjalankan misi utama manusia yaitu menegakkan Din Allah atau menjaga Din tetap tegak, dengan cara-cara sesuai dengan garis perjuangan para Rasul dan Al-Quran. Jihad yang dilaksanakan Rasul adalah berdakwah agar manusia meninggalkan kemusyrikan dan kembali  kepada aturan Allah, menyucikan qalbu, memberikan pengajaran kepada ummat dan mendidik manusia agar sesuai dengan tujuan penciptaan mereka yaitu menjadi khalifah Allah di bumi.

Itu berarti bahwa Jihad adalah “Berjuang dan Berusaha” dengan keras mengeluarkan segala potensi diri yang kita miliki, dengan kesungguhan, keikhlasan, dan ketetapan hati untuk tetap melaksanakan apa yang menjadi tujuan dengan niat untuk “tidak tergoda” oleh hal lain yang dapat merusak tujuan semula dan memahami apapun hasil akhir yang dicapai entah baik ataupun buruk diterima dengan rasa syukur dan kesabaran.

Kadang orang sulit mengartikan maksud dari jihad. Orang barat selalu mengartikan Jihad sebagai sesuatu yang extrim dan keras dalam tanda kutip yaitu terorisme dan perang. Naif benar orang yang berpikiran dangkal seperti itu. Jihad tidak harus dimaknai dengan “Perang fisik”. Meskipun sekarang ini jihad lebih sering diartikan sebagai “perjuangan untuk agama”, memang bisa saja dibenarkan, namun hal itu tidak harus berarti perjuangan fisik. Jihad yang diartikan sebagai perjuangan fisik untuk membela agama sangat rentan terhadap fitnah, artinya mudah dimanfaatkan oleh pihak tertentu. Berjihad melalui perang fisik ada aturannya, dan dalam Islam disebut sebagai Qital.

Berjihad harus-lah dilakukan setiap saat, 24 jam sehari, sepanjang tahun, seumur hidup. hal tersebut cocok dengan kontek judul kali ini yaitu Jihad Rokok. Mungkin judul diatas sangat aneh bagi anda yang baru mengunjungi blog ini, pernyataan ini sangat menggelitik untuk dibahas berdasarkan sudut pandang “kebegoan” saya. Pro dan Kontra masalah rokok sudah sering kita dengar, hanya saja tidak ada penyelesaian mengenai: Mengapa merokok? dan Mengapa Tidak Merokok? Alasan gila (dan tolol) mengenai mengapa seseorang merokok adalah¬† “Merokok Sebagian dari Jihad“, karena tidak memiliki kemampuan untuk membakar pabrik rokok, maka rokoknya dibakar batang perbatang dengan alasan suatu saat rokok di pabrik tersebut pasti habis. Sedangkan alasan seseorang tidak merokok bisa dicari di internet tapi ada satu pernyataan yang bisa dijadikan bahan renungan. Dalam suatu situs, seseorang menyatakan bahwa dia memiliki pendapat bahwa merokok itu adalah perbuatan DOSA, dengan anggapan bahwa Tubuh kita ini bukan milik kita, tubuh kita ini hanyalah kendaraan bagi ruh kita selama di dunia, suatu saat akan diminta oleh penciptanya, artinya ketika kita me-Rokok (atau Tato, Piercing) berarti kita telah merusak dan menyakiti tubuh ini. Dan kita tidak mempunyai hak sedikitpun untuk merusak tubuh kita ini.

Masalah rokok ini menjadi polemik tersendiri di bangsa ini karena bersifat Multitafsir, luas dan ada dampak yang bisa muncul baik dari sisi Konsumen maupun Produsen. Ada yang bilang bahwa rokok itu haram, ada juga yang bilang rokok itu makruh. Masalah haram atau tidaknya rokok biarlah Majelis yang berwenang mengeluarkan Fatwa tersebut. Jikapun nantinya ada, maka fatwa tersebut harus mempertimbangkan Mudharat-nya, harus mempertimbangkan dampak yang mungkin muncul yaitu nasib karyawan pabrik rokok dan juga petani tembakau. Beberapa negara sudah memiliki fatwa yang menyatakan bahwa rokok itu haram seperti Malaysia dan Arab Saudi, yaa! karena mereka tidak memproduksi rokok dan tidak ada petani tembakau disana. Meskipun nantinya Majelis di kita berani mengeluarkan fatwa mengenai rokok, setidaknya bisa mengantisipasi dengan membuka lapangan kerja baru bagi petani tembakau dan karyawan pabrik rokok.

Sebenarnya kalo dipikir-pikir, rokok itu yang haram bukan zat-nya tapi dampak dari mengkonsumsinya. Artinya mudharat terbesar dari sebuah rokok adalah ada pada masalah kesehatan. Dengan alasan kesehatan, pemerintah mencoba menekan masalah rokok. Pemerintah sulit melarang produksi rokok karena rokok menyumbang Pajak yang tidak sedikit untuk negeri ini. Larangan untuk tidak merokok baru sebatas label pada kemasan rokok: “PERINGATAN PEMERINTAH: “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN“. (kalo memproduksi Cimeng, pajaknya murah cuma disuruh duduk di kursi listrik 100 ribu volt selama 5 menit, hehehe). Meskipun sudah diberi peringatan, tetap saja “sebagian dari kita” tidak bisa terlepas dari candu rokok. Mengapa? Peringatan-nya belum efektif tersampaikan. Kita sepertinya tutup mata, tutup hidung, tutup telinga terhadap peringatan pemerintah tersebut. Peringatan tersebut kesannya seperti ingin mengatakan “Ini Racun, Bahaya!”. Kalo pemerintah mau tegas, harusnya bilang “Dilarang Memproduksi Rokok!”.

Kalo boleh jujur, selama 15 tahun ini saya adalah perokok Aktif,  lalu berhenti sekitar 6 bulan yang lalu. Awalnya sulit sekali untuk berhenti merokok, Selama 15 tahun tersebut, 4 tahun terakhir sudah beberapa kali mencoba untuk berhenti merokok. Tahun Pertama kuat 1 minggu, Tahun Kedua kuat 3 bulan, Tahun Ketiga cuma kuat 2 minggu, Tahun Keempat mudah-mudahan bisa berenti selamanya (sudah 6 bulan nih!). Sumpah! prosesnya tidak gampang, sangat sulit sekali untuk berhenti merokok secara fisik, yang terpenting adalah kuatkan dulu Niat. Kalo niat sudah manteng, selanjutnya adalah Setia, setia untuk tetap menjalankan niat. Banyak faktor yang bisa membuat orang berhenti merokok, ini semua kembali kepada diri kita masing-masing bagaimana menyikapinya. Tiap orang punya cara tersendiri untuk berhenti merokok, semuanya perlu perjuangan yang keras. Perjuangan inilah yang dinamakan sebagai Jihad Rokok, seperti judul yang saya maksud. Bagi anda yang belum pernah merokok sekalipun harusnya merasa beruntung, tidak perlu bersusah payah melakukan jihad rokok. Jika ada seseorang yang merokok didekat anda dan anda tidak suka, silahkan menjauh dengan sopan tanpa tatapan sebel dan judes, tidak perlulah mendoktrin dan memfonis seseorang tersebut (seperti yang dulu saya rasakan), Berjihad-lah dengan memberikan wejangan yang welas asih, pengertian yang melunakkan hati, bantu dengan pemahaman yang tepat dihati, sehingga si Perokok ini bisa tersembuhkan dari candu rokok dan tidak teraniaya hati-nya.

Akhir cerita, meskipun proporsinya berbeda, karena ada tujuan yang lebih sakral ketika berjihad yaitu Syahid. Bagi anda yang Perokok dan yang Anti Rokok, Ayo kita sama-sama Jihad Rokok!

11 Responses to Jihad Rokok

  1. hihihi says:

    waduh… gubrag deh pak… kemarin2 saya liat nilai PI saya di website kok dapet C…
    pedahal saya cuma ngerasa salah di Query SQL nya aja pas uas gara2 saya kurang ngerti di Database (tag Mysql) aja… praktek aja (modul) temen2 saya malah yang ngopi dari saya (bukan somse loh pa) :D….
    absen juga cuma gak masuk 1x gara2 jadwalnya berubah-rubah dulu (senin jumat senin jumat)…. T_T….
    pa nilai yang skr dah gak bisa diperbaiki lagi ya??? wadooh… penilaian boleh tau gimana?? ngulang deh taon depan… pedahal tiap hari senin capek2x bangun pagi tapi taon depan harus ngulang…. T_T ….

  2. Kawahyu says:

    @hihihi
    Sebelumnya saya mohon maaf kalo ternyata nilai tidak sesuai dengan yang diharapkan. Nilai sudah lewat masa yudisium, sudah tidak bisa diperbaiki. Mengenai penilaian, saya melihat berdasarkan hasil yang diperoleh. Kehadirian 75 persen adalah point untuk pengambilan keputusan disamping point lainnya. Tugas 10%, Quis 20%, UTS 30%, UAS 40%. Kebanyakan Quis hampir 80 persen sama semua. Ini jadi tanda tanya buat saya. Kalo tugas, saya sudah pernah janjikan kalo ada Tugas yang sama, nilainya akan dibagi dengan yang sama. Ada beberapa yang sama (semoga bukan anda). Ini mengurangi point. UTS masih ada konsekuensi, HTML adalah dasar dari Pemrograman Internet, selain teori-teori dasar lainnya. Membuat List Program point 50 kalo bener semua. Kebanyakan kesalahan terjadi karena tidak teliti, misalnya kesalahan banyak ditemui pada pembuatan Tag Form, dan Anchor (misalnya kekurangan Tag penutup dan variabelnya). Begitu juga dalam UAS. Koneksi, Query, Eksekusi Query, Pengulangan Data Array punya point paling tinggi, karena menjadi dasar dalam PHP Webbased. Salah dalam Query berarti data tidak valid untuk ditampilkan. QUERY penting sekali dalam semua bahasa pemrograman dengan Database. Tidak hanya itu saja, meskipun Querynya betul, apabila kesalahannya ada pada Koneksi, Pemanggilan DB. Tetap saja data tidak akan tampil seperti yang diharapkan. Selanjutnya adalah materi Teori dalam ujian, terlihat sepele, tapi justru ini yang banyak disepelekan, jawaban kurang maksimal. Semua materi dalam ujian ada dalam Modul Praktikum dan Berdasarkan Apa yang saya jelaskan di kelas. Begitulah penjelasannya, semoga bisa dipahami. Peace!

  3. hihihi says:

    pa , saya pingin nyoba ngedeface situs… (bukan databasenya) tapi mengganti tampilannya…. pa kira2 kalo sperti itu saya harus nginstal program tertentu gaq?
    (misalnya xampp, mysql dll ) …. soalnya yang saya tau skr, kalo mau ngedeface kan harus bisa masuk ke room adminnya dulu sedangkan saya blom terdaftar & id pass adminnya blom ketauan, nah buat ngedaftar jadi admin tersebut apa dibutuhkan program tertentu gak (misalnya kyk yg saya sebutkan diatas ato yang lainnya)…hehhee.. saya udah dapat tag-tagnya di html tapi saya blom terlalu mengerti (maklum amatir tapi masih ingin belajar) hehehe…. makasih banyak pa… ntarkalo gak ngerti tanya lagi yach ^_^
    Wass…..

  4. Kawahyu says:

    @hihihi
    Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan deface, saking banyaknya tiap-tiap cara punya syarat tertentu. Ada yang harus daftar, ada yang simpel pake software tertentu, ada juga yang sistem remote. Ngedeface tuh intinya adalah mengganti file index dengan file index rujukan. Daripada mempelajari cara ngedeface lebih baik belajar bagaimana supaya situs kita nggak kena deface. Lebih lengkapnya, sebaiknya bertanya lebih kompleks ke paman google, supaya afdol.

  5. Ass….
    apa kabar pa,,, moga2 tetap sehat… hehehe….
    Pa, WordPressnya update donk….ūüėõ

  6. Kawahyu says:

    @hihihi jadi hehehe
    Udah ada 4 materi yang baru, lagi nunggu koneksi yang cepat buat di posting. Lep-lepan koneksinya. Jadi males posting, ditunggu ajah ya. Lagian minggu-minggu ini lagi sibuk beres-beres euy, kita kan pindah Pos.

  7. hehehe says:

    pa liburan kelamaan nich, bosen !!! enaknya ngapain yach…..

  8. Kawahyu says:

    @hehehe
    Liburan..?!! Hmmm.., sayahmah sibuk berat ngajar SP. Ngapain liburan? yaa ngeberesin schedule yang belum beres atuh. Misalnya, kalo belum tamat baca buku, tamatin. Kalo belum beres main game, terusin sampe keluar credit developer game. Kalo nggak, buka-buka Warcraft lama, Age of Empire, Comandos, or apalah.. mumpung liburan, malam hari menghibur diri.. siang hari nyari duiittt. Atau supaya liburan lebih menguntungkan.. Jualan bendera aja! besok 17 Agustusan. Atau jualan mercon, atau bikin kolak pisang dari sekarang, pisangnya ganti pake sendal jepit yang dipotong kecil-kecil, dijamin kolaknya awet sampe ntar puasa. Kolak sendal jepit!

  9. Like Hyde says:

    ane lagi bikin proposal masalah kecanduan merokok neh…! ade saran gak di situs mane ane bisa ngedapetin alasan seseorang merokok (tapi harus dari pakar, konkret, ilmiah and teruji kebenarnya di lapangan) gitu..gitu!!!!

  10. kawahyu says:

    @like hyde
    banyak situs yang bisa dikunjungi, Googling aja deh. Coba keyword ‘alasan seseorang merokok’ atau ‘berhenti merokok’. List yang didapat sudah cukup kompeten untuk dijadikan ‘sekedar’ rujukan. Kalo nyari yang pakar, paling mungkin tanya langsung ke Dokter, soalnya belum pernah ada yang namanya ‘Pakar Ngerokok’.

  11. kawahyu says:

    @like hyde
    Nyambung nih.. coba tanya aja ke id(dot)inaheart(dot)or(dot)id. Mungkin bisa membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: