Rock ‘n Roll

Rock n Roll menurut wikipedia indonesia masih disambiguasi (tauk dah artinya), bahasa kita-nya kira-kira “Bikin Bingung”. Rock and Roll (sering ditulis rock ‘n roll) adalah genre musik yang berkembang di Amerika Serikat di akhir tahun 1940-an, dan mencapai puncak kepopuleran di awal tahun 1950-an. Dari Amerika Serikat, genre musik ini tersebar ke seluruh dunia. Rock and roll melahirkan berbagai macam subgenre yang secara keseluruhan dikenal sebagai musik rock.
Ciri khas rock and roll adalah pada ketukan (beat). Kepopuleran rock and roll secara massal dan mendunia ternyata menimbulkan dampak sosial yang tidak terduga. Rock and roll bukan saja mempengaruhi gaya bermusik, tapi sekaligus gaya hidup, gaya berpakaian, dan bahasa. Selain sukses di dunia musik, bintang-bintang di periode awal rock and roll juga sukses di dunia film dan televisi. Elvis Presley, misalnya merupakan bintang rock and roll yang sukses sebagai bintang film dan televisi.

Nah, jadi sebenarnya Rock n Roll paling dekat digunakan sebagai suatu Genre Musik dan Gaya Hidup. Tapi coba kita lihat lagi dengan kaca mata kegokilan kawahyu. Ceritanya begini: Ada seseorang di tengah lapang pada suatu konser musik, berjaket hitam, rambut gondrong, jingkrak-jingkrakan, tangan mengacung ke atas menunjuk bintang dengan jari tengah, kepala diangguk-anggukan mengikuti irama, sedikit lari-lari kecil dekat gerobak baso, dari mulutna teriak “ROK EN ROL MEN..! ROK EN ROLLLLL..!!”. Tiba-tiba… BRAKKK! orang itu terkapar dekat gerobak baso, mengerang-ngerang mengusap benjol akibat menghantam gerobak baso.. si tukang baso mengelus dada penuh syukur ketika menyadari tidak ada kerusakan pada gerobaknya namun menjadi khawatir melihat korban meringis kesakitan.. penuh rasa kasihan dan perikemanusiaan si tukang baso berjongkok dekat si korban, jemarinya mencoba mengusap-ngusap benjol si korban bermaksud meringankan penderitaan si korban, dengan lirih dan bergetar si tukang baso berkata untuk menenangkan si korban, “Jang.., Rok en Rol.. Jang..”

Ya itu dia nasib Rock ‘n Roll kalo cuma sekedar diucapkan di bibir saja tanpa diselami maknanya. Oke kita bahas aja: ROCK itu apa sih?? rock diartikan sebagai BATU. Sifat batu gimana? KERAS, sama seperti kehidupan kita yang keras, penuh persaingan, intrik dan saling “sigeuk”. Selanjutnya ROLL, artinya BERGULIR. Sifatnya gimana? BERPUTAR, itulah hidup kita, hari ini ada karena ada hari kemaren, hari besok ada karena ada hari ini. Terus berputar, bergulir, dan tak pernah berujung, kecuali kematian yang menghentikannya.

Lalu apa artinya: Kita harus bisa dan mampu bertahan dalam kehidupan yang keras seperti batu ini, setiap hari dari pagi sampe pagi lagi kita punya keberanian untuk melangkahkan satu kaki didepan kaki yang lain…
Rock n Roll For You..

One Response to Rock ‘n Roll

  1. ALOUNK says:

    MANTAB ROCK N ROLL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: