Selamat Hari Raya Idul Fitri

Beberapa kejapan hari lagi kita akan sampai pada hari Idul Fitri yaitu hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi.

Umat Islam di Indonesia menjadikan Idul Fitri sebagai hari raya utama, momen untuk berkumpul kembali bersama keluarga. Mulai dua minggu sebelum Idul Fitri, umat Islam di Indonesia mulai sibuk memikirkan perayaan hari raya ini, yang paling utama adalah Mudik atau Pulang Kampung, sehingga pemerintah pun memfasilitasi dengan memperbaiki jalan-jalan yang dilalui. Hari Raya Idul Fitri di Indonesia diperingati sebagai hari libur nasional, yang diperingati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang memang mayoritas Muslim.

Selama perayaan, berbagai hidangan disajikan. Hidangan yang paling populer dalam perayaan Idul Fitri di Indonesia adalah ketupat, yang memang sangat familiar di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura.Selama perayaan, biasanya masyarakat berkunjung ke rumah-rumah tetangga ataupun saudaranya untuk bersilaturahmi, yang dikenal dengan halal bi-halal memohon maaf dan keampunan kepada mereka.

Hakikatnya pada perayaan idul fitri adalah mengembalikan fitrah diri kedalam kesucian, dengan cara yang sejak dulu orang tua kita ajarkan yaitu ber-maaf-maaf-an kepada sesama manusia. Yang terpenting dari perayaan itu adalah instropeksi terhadap kualitas ibadah kita selama setahun kemarin. Ibadah kita selama bulan puasa pastinya naik turun, itu bisa di ukur dengan cara sederhana, sesederhana anak-anak TK menghitung kadar puasa mereka untuk selanjutnya dikalikan dengan persenan yang dijanjikan orang tua mereka apabila tamat puasa per-harinya. Berapa hari kita tamat puasa selama bulan puasa? berapa hari kita ikut sholat taraweh di masjid? berapa kali tamat baca Qur’an ketika taddarusan? berapa banyak shodaqoh dengan iklas yang kita lupa mengingatnya? darimana dana hari raya yang kita peroleh untuk anak istri dirumah? masih banyak lagi, dan kesemua itu nilainya hanya Alloh saja yang maha tahu.

Untuk itu agar ke-Fitri-an saya menjadi sempurna, Maafkan Segala Khilaf dan Kesalahan Saya..

2 Responses to Selamat Hari Raya Idul Fitri

  1. hakem2edu says:

    Selamat Hari Raya Idul Fitri Pak…

  2. Kawahyu says:

    @hakem2edu
    Minal Aidin Wal Faidzin juga buat anda..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: