Talk Less Do More

Jadi ke ingetan lagi, beberapa bulan lalu kawahyu dolan ke Bandung, di daerah Rancaekek ada baligo besar berisi iklan rokok. Semua iklan sama saja kan, untuk mencari konsumen sebanyak mungkin. Entah masih ada atau tidak iklan itu sekarang setelah isu nasional hadir diantara kita yaitu fatwa MUI mengenai rokok. Slogannya lumayan juga: “Talk Less Do More”. Disebelahnya ada tulisan kecil berisi terjemahan dari bahasa Linggis tersebut, ini khusus untuk orang lokal yaitu “Sedikit Bicara Banyak Kerja”, Sebuah pribahasa. Untuk siapa pribahasa tersebut?? Lalu kawahyu mikir kerjaan apa yang menuntut orang untuk tidak banyak bicara selama bekerja. Bagaimana dengan penyiar radio,mc,pengajar yang dalam pekerjaannya dituntut untuk banyak bicara?!

Ada makna yang mendalam dari pribahasa tersebut. Nah disini perlu kita bahas mengenai pribahasa tersebut dengan pemikiran yang sembrono, pribahasa itu berlaku untuk semua pekerjaan. Perkerjaan yang “banyak kerja sedikit bicara” seperti teknisi, montir, programer. Pekerjaan yang “banyak bicara sedikit kerja” seperti penyiar radio or tv, komentator sepak bola. Sedikit Bicara Banyak Kerja lebih tepat diartikan bahwa dalam hidup ini ketika kita bekerja harus fokus pada pekerjaan dan bekerja secara maksimal, tidak berkeluh kesah dan juga menyedikitkan ngobrol supaya pekerjaan cepat selesai. Itu intinya..

Tapi kalo dipikir-pikir lagi, karena Talk Less Do More jargonnya suatu produk rokok, itu bisa diartikan secara bebas menjadi Talk Less Smoke More.. tapi dari sudut pandang kawahyu yang sekarang ini genap 10 bulan bebas dari nikotin, lebih enakan ganti jargonya jadi Say No To Smoke..

One Response to Talk Less Do More

  1. hakim2edu says:

    ya, ya….
    ada tuh yang talk less do more… yaitu “ngala ikan di batu karang di dalam laut” hehe…
    tapi bener kan, kalo kita banyak bicara, pasti kabesekan pak,.hehe

    ya, talk less no asbak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: