Pahlawan

Dua hari lalu negeri kita memperingati Hari Pahlawan. Memperingati karena diperingatkan untuk memperingati atau Memperingati karena Ingat.. Ingat akan susahnya mendapatkan kemerdekaan yang sekarang kita nikmati. Ingat akan susahnya membangun sampe menjadi kehidupan sekarang ini.. Intinya dari Peringatan Hari Pahlawan, bukan sekedar mengingat tapi meresapi apa makna dibalik Hari Pahlawan itu.

Secara ceremonial, peringatan hari Pahlawan identik dengan Upacara dan Tabur Bunga saja, haru biru pilu yang terjadi saat acara tabur bunga dengan diiringi lagu “..betapa hatiku tak kan piluuuu.. telah gugur pahlawanku…” seakan tanpa rasa setelah keluar dari taman makam pahlawan, going home kembali beraktifitas seperti biasa. Mungkin pula lupa dengan tulisan di batu nisan, yang tadi kita taburi bunga makamnya.

Kalo jaman kemerdekaan dulu, orang yang “manggul bedil milu perang teras katembak dugi ka maot”, gak pernah sadar kalo dimasa yang akan datang bakal disebut pahlawan. Tapi coba orang yang “manggul bedil milu perang tapi salamet” setelah merdeka mereka mati, apa bisa mereka disebut Pahlawan??

Jaman sekarang siapa saja bisa jadi Pahlawan asalkan punya uang. Mungkin sebagian orang sedang berusaha menuju kearah situ. Gelar Pahlawan nya bukan karena ikutan perang kayak jaman kemerdekaan dulu, tapi karena apa yang mereka perbuat, hanya saja perlu dipertegas, pahlawan dalam kutub yang mana, Positif atau Negatif.

Apakah makna pahlawan sudah meresap kedalam hati dan jiwa penerus-penerus kita??! Pahlawan bagi mereka tidak bisa dipisahkan dari apa yang mereka tau saja, informasi yang setiap hari mereka dapatkan.. Superman, Spiderman, Naruto lebih pantas disebut pahlawan karena mereka lebih sering muncul di layar televisi dibandingkan gambar Cut Nyak Dien, Bung Tomo, Jenderal Sudirman..

2 Responses to Pahlawan

  1. hehehe says:

    Ass…
    Pa gmn kabarnya.. Iya nanti taun depan gimana kalo kita ngusulin ke pa nundang kalo tiap tanggal 10 november kita upacara di lapangan bola depan fakultas … hehhee
    pa, kmrn ujian RPLT waktunya gak cukup… nomor 3 blom selesai.. gmn y? minta tugas donk pa, tugasnya buat langsung pake Rational ROse aja (biar gampang & semangat) hhehehe… “pa kalo misalnya saya sudah struktur buat Use Diagram, trus cara memeriksa salah benernya gmn? kan kalo pemrograman pascal dll bisa dicompiler, kalo use diagram gmN /? Hatur NUhun Bapa ^_^🙂 !!

  2. Kawahyu says:

    @hehehe
    Kabar saya lagi sibuk berat!! Berat sekali.. Boleh tuh kita coba upacara setiap 10 Nopember. Didepan fakultas perasaan gak ada lapangan bola tuh, yang ada kan cuma lapangan kasti :-] Mengenai ujian kemaren, kita liat aja nanti setelah UAS. Rational Rose bukan bahasa pemrograman tuh, cuma tools doang buat bikin pemodelan berorientasi objek, jadi nggak bisa di compile dong. Untuk memeriksa salah benernya, yaa harus dibuat dulu secara lengkap diagram-diagramnya tidak cuma Usecasenya aja setelah itu baru diperiksa keseluruhan. Kalo ada error perbaiki. Pelajari aja Modul Praktikumnya oke.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: