Seminar Ujung Tahun

Bingung mau nulis judul apaan, cuma ilham untuk judul itu yang lewat dan buru-buru ditangkap untuk dinodai. Seminar ujung tahun.. oke ini menceritakan sebuah seminar aiti yang terselenggara tanggal 30 Desember tahun lalu. pembicaranya dahsyat, seorang Bapak yang terkenal di dunia aiti dan namanya mudah dicari pake Google (sekitar 231,000 hasil penelusuran 0.12 detik), oh dahsyatnya..

Temanya Multimedia. Ada apa dengan multimedia? media yang banyak gunanya. Garis besar materinya hampir sama dengan matakuliah Teknologi Multimedia sub judul Content. jadi tidak perlulah dibahas apa itu Multimedia. Biar blog-blog tetangga saja yang detail menceritakan tentang multimedia. Ada satu materi nyelip diantara seminarnya yang menggugah saya yaitu..

..BELI BUKU!  yaa gitu doang, apa susahnya sih beli buku. Buku apa dulu dong yang mau dibeli. Kalo bukunya tentang Novel, Komik atau cerita Fiksi lainya itu memang harus dibeli. Kalo bukunya berisi materi-materi Non-Fiksi, nah itu dia permasalahannya justru inilah yang sekarang sulit sekali sepertinya dilakukan. . Alasanya klise toh ada Internet.. download aja dari internet, terus di print, trus dibaca, udah puas trus dibuang.. Ngapain repot-repot keluar duit buat beli buku…

Pada kenyataannya tidak seperti itu Toh, ini terjadi. Pada saat saya menggebu-gebu ingin belajar sesuatu, seperti yang lain saya mencari informasi tersebut di internet, bela-belain nongkrong di warnet (sampe numpang be’ol disana) hingga terkumpulah beberapa file PDF tentang sesuatu yang ingin saya pelajari tersebut. Selanjutnya.. apakah saya print isi file PDF tersebut? apakah saya pelajari isi dari semua file tersebut? Jawabanya TIDAK! ternyata saya sudah cukup puas dengan berhasil mengumpulkan file-file tersebut.. yang kini teronggok merana dalam satu folder di Laptop saya. Tragis..

Betul kata bapak tersebut.., jadikan buku sebagai sumber ilmu, sebagai penenang mata, dan jendela dunia. Beda banget kalo beli buku (buku yang tepat), investasi ilmu seharga buku tersebut, sudah gak kepake bisa disimpan jadi koleksi, ada yang perlu bisa dipinjamkan, butuh uang bisa di kilo di loakan… hehehe.

BTW, overall seminar tersebut oke banget. Banyak ilmu yang bermanfaat dan berguna. Untuk saya dan semua peserta, dengan kadar yang berbeda tentunya. Buat bapak tersebut terimakasih banyak pak.. banyak ilmu yang menggugah saya untuk terus Ngeblog dan memanfaatkannya meskipun kadang isi blog saya selalu tidak tepat sasaran. maaf saya tidak menyebutkan nama Bapak disini, soalnya dana saya terbatas belum sanggup bayar royalti..

Wasallam..

2 Responses to Seminar Ujung Tahun

  1. hehehe says:

    Pa,, punya ebook tentang AI g?
    ato algoritma BFs ,DFS, Best, UNiform ,A* …
    aq dah googling dari ujung ke ujung tapi gak menemukan..
    buat tugas , bapa bisa bantu😀 … hehe.. hatur nuhun..

  2. Kawahyu says:

    @hehehe
    Sorry saya gak bisa bantu. Coba telusuri lagi dengan keyword yang benar, misalnya Breadth First Search Algorithm, Deep First Search Algorithm, Best First Search Algorithm, Uniform Algorithm. Ya begitulah. Jangan pake singkatan dan coba juga pake bahasa indonesia. Atau coba cari aja di Scribd(dot)com. Semoga bisa membantu.

Leave a Reply

