Ngeblog Yuk!

Sebenarnya halaman ini berisi catatan mengenai semua hal seputar nge-Blog, pokoknya semua yang berhubungan dengan nge-blog, sudah pasti semua itu bisa anda dapatkan di situs-situs lain. Disini akan kita telusuri dengan sudut pandang yang tidak jauh berbeda. Halaman ini akan di edit terus berdasarkan informasi yang dialami-dirasakan-dipikirkan-dinodai (Lho!).

Banyak yang bertanya apa sih Blog? blog pada dasarnya adalah web blog yaitu sebuah situs yang khusus untuk menyimpan informasi dalam bentuk tulisan yang diinput oleh user berdasarkan waktu. Informasi dalam web blog sangat beragam bisa berbentuk fiksi-nonfiksi-catatan pribadi-catatan ilmiah, pokoknya bebas mau nulis apapun terserah anda, dan tulisan yang diposting bisa dikomentari oleh pengunjung lain. Kekuatan dari sebuah web blog terletak dari Tema-nya. sangat sulit mempertahankan Tema, karena bagitu banyak tulisan yang ingin kita sebarkan. Gaya bahasa juga sangat berpengaruh terhadap kekuatan isi dari sebuah blog (mengapa? tanya aja ke guru bahasa indonesia).

Blog banyak macamnya, bukan hanya berisi tulisan saja. Ada blog yang khusus untuk menyimpan koleksi Video, Image, dan Audio. ada yang gratis ada juga yang berbayar, terserah anda mau ngeblog pake yang mana. Jadi pada intinya, sebuah blog mirip seperti “Tong Sampah” untuk menyimpan pikiran-pikiran kita yang tercurah dalam bentuk tulisan yang “disimpan pening”, “dibuang sayang”, “dipulung senang”. Setidaknya blog bisa dijadikan tempat aktualisasi diri.

Pilih Mana?
Pilihan tempat ngeblog bebas tergantung selera anda. Saya suka WordPress(.com) karena Gratis, Gampang di instal (baik yang online maupun yang offline), Template lumayan, Fasilitas export dan import, Mudah di Maintenance. Baca aja disitus WordPress (.com/.org). Bedanya? yang .com buat yang gratisan, .org buat yang punya domain sendiri, tinggal download and hosting di domain sendiri.

Mulai Ngeblog
Paragraf ini bukan untuk menggurui anda yang udah “Guru” ini buat yang “Newbie”. Sebaiknya pikirkan dulu mau pake yang gratis apa yang bayar. Tema-nya dulu di godok yang matang. Kalo tema sudah oke dan tidak ada yang menyamai, langsung Register aja. Alamat blog sesuaikan dengan isinya lebih klop apalagi kalo gaya bahasa mendukung. Itung-itung belajar mengarang lah. Misalkan nama blognya “Dodol Kasarung”, gak mecing kan kalo isinya tentang “Berita”. nama tersebut lebih cocok untuk blog yang berisi tentang cara membuat dodol pake sarung..(??!!).

INTINYA adalah kebebasan milik anda ketika ngeblog, terserah mau apa namanya, apa temanya, apa isinya, selama blog tersebut membuat anda senang.. Lakukan!

Senjata Ngeblog
1. Waktu Luang (untuk yang menjadikan blog sebagai iseng)
2. Full Time (bagi yang menjadikan blog sebagai sarana cari duit)
2. Kemauan (bukan kemaluan!)
3. Duit (buat yang ngeblog di warnet)
4. Tekad yang Lonjong
5. Original (tulisan sendiri)
6. Copas (kalo kepaksa, dengan menyebutkan sumbernya)
7. …. Apa lagi yaaa??!! Anda punya saran??

3 Responses to Ngeblog Yuk!

  1. diorosso says:

    senjata2 nge-BLOGnya lucu2..
    sama subtitle blognya..
    “ndak pake kutang”
    hahhahaa…
    aneh2 ajha…

    but..
    keep writing..🙂

    Thx
    ~DioRosso~

  2. Kawahyu says:

    @diorosso
    Halo, lam kenal aja buat anda. Ya emang, lelaki sejati mana mau pake kutang, hehehe

  3. hakem2edu says:

    sip, sip . . .

    sir,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: